kalo sekarang ngebayangin beberapa bulan kebelakang, kaya orang tolol gua ini. bingung ga jelas arah idup. tugas akhir ga dikerjain, gawean cuma ngobrol-ngobrol ngaler ngidul ga jelas bareng temen, kalo ga, ngelamun didepan layar monitor, ngeliatin draft TA yang baru sampe halaman “BAB I”.

Kenapa itu terjadi, gua baru sadar sekarang (dari dulu juga sih, cuma sekarang udah direlain). dari masalah keluarga, gua sering jadi tempat sampah mamah, mamah sering bilang kenapa kaka ketiga kerjaan nya minta duit terus, padahal dia udah gawe. lanjut ke masalah kaka kedua gua, yang rumahnya gua tumpangin, udah mah saat itu gua sering dicuekin, mau cuci baju ga usah lah, mau cuci piring ga usa lah, dan lah lah yang laen, udah mah saudara ipar gua sering judes ga jelas juga. nah, masalah di kuliah ga kalah ancur nya, TA ganti judul tiga kali, pas TA nya benerin TA kaka kelas yang emang ga bisa dibenerin, mana kata dosen minta teknisi dikerjain, pas ke teknisi dianya biang TA ini ga mungkin dibenerin pula, jadi serba salah gua mau ngapain, buat apa ngerjain TA kalo dibikin bingung kaya gini. mana curhat ga ada ngasih solusi, punya temen, mereka juga sibuk TA, ada juga sih yang ngakunya cuman pas butuh curhat ma gua doang, pas gua curhat mah bro-boro didengerin, ini nih yang asu. meski akhirnya lulus juga, dengan tuduhan itu ini dari dosen yang denger curhat dari gua juga ga pernah. rasanya gua jadi orang paling salah di dunia, padahal, saat itu pikir gua adalah -bingung-.

Tapi, ini bukan sesuatu yang berguna buat disesalin. karena itu sekarang gua sadar, jangan pernah kerja atau ngerjain bisnis bareng keluarga atau sanak saudara, ga enak. sumpah. gua dibikin pusing.
karena ada masalah ini juga gua jadi baca personal development for dummies, terus konsul ke Pa Rivan Sutrisno, dan dari Bapa lah gua jadi sadar, semua masalah itu ada pemecahannya, dan pikiran kita juga yang nentuin mau dibawa kemana idup kita.

dan semunya sudah lewat. sekarang gua harus moving on, jangan sampai kejadian ga perlu kaya dulu terjadi lagi. yang gua mau sekarang, kuliah psikologi. gua pengen bantu temen-temen gua yang ngalamin masalah yang sulit dan bantuin nyari solusi nya. cukup gua aja yang ampir gila, ga perlu ada lagi temen dan keluarga gua yang harus ngalamin lagi setelah gua.

Leave a comment